· sesuatu hal yg berhubungan dg pemindahan orang/barang dr suatu tempat asal ke tempat tujuan
· suatu tindakan, proses/hal yg sdg dipindahkan dr suatu tempat ke tempat lain
Rekayasa transportasi
· penerapan prinsip-prinsip ilmiah iptek di dlm semua tahapan perencanaan & pelaksanaan pembangunan infra struktur transportasi untuk menjamin terselenggaranya pergerakan yg selamat, mudah, cepat, nyaman, ekonomis, dan serasi serta bersahabat dg lingkungan
· penerapan ilmu pengetahuan & matematika dimana sifat-sifat zat & sumber-sumber alami dipakai untuk mengangkut orang & barang dg suatu cara yg berguna untuk manusia
FUNGSI:
- menghubungkan orang dg tata guna lahan, pengikat kegiatan & memberikan kegunaan tempat & waktu untuk komoditi yg diperlukan
- memberikan hubungan antara tempat-tempat produksi dg tempat-tempat konsumsi
RUANG LINGKUP:
Ruang lingkup pembahasan bidang transportasi meliputi:
- perumusan kebijakan
- perencanaan
- perancangan
- pelaksanaan pembangunan
- pengoperasian
- pemeliharaan
Ruang lingkup teknik transportasi dibagi menjadi 2 kategori:
1. yg berhubungan dg perencanaan sistem
2. yg berhubungan dg perancangan rinci masing-masing komponen sistem (sarana-prasarana transportasi & sistem pengoperasiannya)
PENGERTIAN SISTEM:
Sistem : suatu kelompok elemen/sub-sistem yg bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Karakteristik sistem :
Apabila suatu elemen/sub-sistem tdk berfungsi, maka akan mempengaruhi kelangsungan sistem tsb secara keseluruhan/membuatnya sama sekali tdk berfungsi.
SISTEM TEKNOLOGI TRANSPORTASI:
Terdiri dr berbagai elemen yg hrs bekerja sama utk menggerakkan sistem.
Mnrt Hay (1977), tdp 5 komponen dsr yg membentuk sistem transportasi, yaitu: sumber tenaga penggerak, kendaraan, jalur pergerakan, terminal, & sistem pengendalian operasi.
Pd dasarnya pendukung sistem transportasi terdiri dr 3 unsur:
· Sarana, terdiri dr sumber tenaga penggerak & kendaraan
· Prasarana, terdiri dr jalur pergerakan & titik simpul pergerakan/terminal
· Sistem operasi & pengendalian pergerakan
KARAKTERISTIK TEKNO-EKONOMI
Sistem transportasi mrpk suatu sub-sistem dr sistem yg lbh bsr yg disebut sistem tekno-ekonomi.
Dlm sistem tekno-ekonomi ini maka sub-sistem yg akan berinteraksi adl misalnya sistem pemerintahan, sistem keuangan, sistem nilai masyarakat, dll.
MASALAH TRANSPORTAS
1. Stabilitas dan daya dukung jalur gerak , kondisi geologi & geografis
2. Dampak yg timbul pada lingkungan hidup (polusi udara & kebisingan)
3. Kapasitas/daya angkut sarana & prasarana berpengaruh dengan makin besarnya kebutuhan & makin tingginya kecepatan yg diminta
4. Upaya perbaikan sistem & metoda pengendalian utk meningkatkan factor keamanan & keselamatan
5. Pendanaan yg terbatas
6. Menipisnya cadangan sumber energi
7. Adanya perbedaan kepentingan pihak-pihak yg terlibat
PERENCANAAN TRANSPORTASI
Yg mjd pusat perhatian dlm perencanaan transportasi adl upaya memenuhi permintaan (demand) yg ada dg tingkat & kualitas pelayanan yg memadai serta dg dana yg terbatas.
Umumnya bersifat multi disiplin & tdk hanya bs ditangani oleh ahli teknik saja, tp hrs melibatkan keahlian dr bidang lain: ekonomi, sosial, hukum,dsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar