Teori
lokasi adalah suatu teori yang dikembangkan untuk memperhitungkan pola
lokasi kegiatan-kegiatan ekonomi termasuk di dalamnya kegiatan industri
dengan cara yang konsisten dan logis. Ada beberapa teori lokasi antara
lain :
1. Teori Tempat Sentral (Central Place Theory) dari Walter Christaller.
2. Teori Lokasi Industri (Theory of Industrial Location) dari Alfred Weber.
3. Teori Susut dan Ongkos Transpor (Theory of Weight Loss and Transport Cost).
4. Model Gravitasi dan Teori Interaksi (the Interaction Theory) dari Issac Newton.
Selain tokoh di atas masih banyak tokoh-tokoh yang membicarakan tentang teori lokasi antara lain Edgar Hoover, Tord Palandar, August Losch, Melvin Greenhut, Walter Isard.
Dari sekian banyak teori lokasi, pada prinsipnya sama yaitu
membicarakan bagaimana menentukan lokasi industri. Pada pembahasan ini
akan dibahas teori lokasi dari Alfred Weber dan August Losch.
TEORI LOKASI ALFRED WEBER
Teori lokasi yang dikemukakan oleh Alfred Weber berawal dari tulisannya yang berjudul Uber den Standort der Industrien pada tahun 1909. Prinsip teori Weber adalah :
“bahwa penentuan lokasi industri ditempatkan di tempat-tempat yang resiko biaya atau ongkosnya paling murah atau minimal (least cost location)“.
Asumsi Weber yang bersifat prakondisi antara lain :
- Wilayah yang seragam dalam hal topografi, iklim dan penduduknya. Keadaan penduduk yang dimaksud adalah menyangkut jumlah dan kualitasnya.
- Ketersediaan sumberdaya bahan mentah. Invetarisasi sumberdaya bahan mentah sangat diperlukan dalam industri.
- Upah tenaga kerja. Upah atau gaji bersifat mutlak harus ada dalam industri yakni untuk membayar para tenaga kerja.
- Biaya pengangkutan bahan mentah ke lokasi pabrik sangat ditentukan oleh bobot bahan mentah dan lokasi bahan mentah.
- Persaingan antarkegiatan industri.
- Manusia itu berpikir rasional.
Weber menyusun model yang dikenal dengan sebutan segitiga lokasional (locational triangle). Menurut Weber, untuk menentukan lokasi industri ada tiga faktor penentu yaitu material, konsumsi dan tenaga kerja.
Ketiga
faktor di atas oleh Weber diukur dengan ekuivalensi ongkos transport.
Weber juga masih mengajukan beberapa asumsi lagi yaitu :
- Hanya tersedia satu jenis alat transportasi.
- Lokasi pabrik hanya ada di satu tempat.
- Jika ada beberapa macam bahan mentah maka sumbernya juga berasal dari beberapa tempat.
Biaya
transportasi menurut Weber tergantung dari dua hal pokok yaitu bobot
barang dan jarak yang harus ditempuh untuk mengangkutnya.
TEORI LOKASI AUGUST LOSCH
Losch
mengatakan bahwa lokasi penjual berpengaruh terhadap jumlah konsumen
yang dapat dijaringnya. Makin jauh dari pasar, konsumen enggan membeli
karena biaya transportasi (semakin jauh tempat penjualan) semakin mahal.
Produsen harus memilih lokasi yang menghasilkan penjualan terbesar.
Losch menyarankan lokasi produksi ditempatkan di dekat pasar (baca: Centre Business District).
Kontribusi utama Losch adalah memperkenalkan potensi permintaan (demand) sebagai faktor penting dalam lokasi industri, Kedua, kritik terhadap pendahulunya yang selalu berorientasi pada biaya terkecil; padahal yang biasanya dilakukan oleh industri adalah memaksimalkan keuntungan (profit–revenue maximation) dengan berbagai asumsi, Losch mengemukakan bagaimana economic landscape terjadi, yang merupakan keseimbangan (equillibrium) antara supply dan demand.
Oleh karena itu Losch merupakan pendahulu dalam mengatur kegiatan
ekonomi secara spasial dan pelopor dalam teori ekonomi regional modern.
August
Losch merupakan orang pertama yang mengembangkan teori lokasi dengan
segi permintaan sebagai variabel utama. Teori ini bertujuan untuk
menemukan pola lokasi industri sehingga diketemukan keseimbangan spasial
antar lokasi. Losch berpendapat bahwa dalam lokasi industri yang tampak
tidak teratur dapat diketemukan pola keberaturan.
Teori
Losch berasumsi suatu daerah yang homogen dengan distribusi sumber
bahan mentah dan sarana angkutan yang merata serta selera konsumen yang
sama. Kegiatan ekonomi yang terdapat di daerah tersebut merupakan
pertanian berskala kecil yang pada dasarnya ditujukan bagi pemenuhan
kebutuhan petani masing-masing. Perdagangan baru terjadi bila terdapat
kelebihan produksi. Untuk mencapai keseimbangan, ekonomi ruang Losch
harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :
- Setiap lokasi industri harus menjamin keuntungan maksimum bagi penjual maupun pembeli.
- Terdapat cukup banyak usaha pertanian dengan penyebaran cukup merata sehingga seluruh permintaan yang ada dapat dilayani.
- Terdapat free entry dan tidak ada petani yang memperoleh super-normal prpfit sehingga tidak ada rangsangan bagi petani dari luar untuk masuk dan menjual barang yang sama di daerah tersebut.
- Daerah penawaran adalah sedemikian hingga memungkinkan petani yang ada untuk mencapai besar optimum.
- Konsumen bersikap indifferent terhadap penjual manapun dan satu-satunya pertimbangan untuk membeli adalah harga yang rendah.
Pada
teori Losch, wilayah pasar bisa berubah ketika terjadi inflasi
(perubahan) harga. Hal ini disebabkan karena produsen tidak mampu
memenuhi permintaan yang karena jaraknya jauh akan mengakibatkan biaya
transportasi naik sehingga harga jualnya juga naik, karena tingginya
harga jual maka pembelian makin berkurang. Hal ini mendorong petani lain
melakukan proses produksi yang sama untuk melayani permintaan yang
belum terpenuhi.
Dengan
makin banyaknya petani yang menawarkan produk yang sama, maka akan
terjadi dua keadaan : 1. seluruh daerah akan terlayani, 2. persaingan
antar petani penjual akan semakin tajam dan saling berebut pembeli.
Losch berpendapat bahwa akhirnya luas daerah pasar masing-masing petani
penjual akan mengecil dan dalam keseimbangannya akan terbentuk segienam
beraturan. Bentuk ini dipilih karena menggambarkan daerah penjualan
terbesar yang masih dapat dikuasai setiap penjual dan berjarak minimum
dari tempat lokasi kegiatan produksi yang bersangkutan.
Keseimbangan yang dicapai dalam teori Losch berasumsi bahwa harga hanya dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran,
oleh karenanya keseimbangan akan terganggu bila salah seorang penjual
menaikkan harga jualnya. Keputusan ini mengakibatkan tidak hanya pasar
menyempit karena konsumen tak mampu membeli tapi sebagian pasar akan
hilang dan direbut oleh penjual yang berdekatan. Untuk memperluas
jangkauan pasar dapat dilakukan dengan menjual barang yang berbeda jenis
dari yang sudah ditawarkan.
SUMBER
http://denisisdea.blogspot.com/2011/09/teori-losch.html
http://belajarmenjadigeograf.blogspot.com/2009/11/teori-lokasi-august-losch.html
http://kafeilmu.com/tema/teori-august-losch.html
http://library.usu.ac.id/index.php?option=com_journal_review&id=14235&task=view
Tidak ada komentar:
Posting Komentar